Ngenteg Linggih

Om Swastyastu,

Pura Angkasa Amertha Dharma Jati yang berlokasi di lingkungan Lanud Atang Sendjaja Bogor melaksanakan upacara agung Ngenteg Linggih pada hari Sabtu 13 Juli 2024 bertepatan dengan hari raya Saraswati wuku Watu Gunung. Rangkaian upacara akan dimulai dari pagi hari hingga sore hari yang terdiri dari upacara keagamaan dan seremoni keumatan. Dalam seremoni keumatan akan dilaksanakan penandatangan prasasti dan Purana (dokumen) pura.


Ngenteg Linggih adalah sebuah upacara penyucian puncak setelah berbagai proses pembangunan pura selesai, karena itu upacara ini hanya dilaksanakan sekali saja selamanya. Dengan Ngenteg Linggih diharapkan pura menjadi sebuah tempat suci yang memiliki kesakralan yang tinggi.

Hari raya Saraswati sendiri adalah hari ilmu pengetahuan, dan Ngenteg Linggih dilaksanakan bertepatan dengan hari raya Saraswati karena para bijak bersepakat mencanangkan Pura Angkasa Amertha Dharma Jati sebagai Pura Ilmu Pengetahuan melalui salah satu rangkaian acara yaitu Saraswati Project, sebuah acara untuk memperkuat tatwa (filsafat) Hindu dengan berbagi buku yang berjudul “Saya Beragama Hindu” terbitan Media Hindu.

Upacara agung yang mengkolaborasikan tradisi Bali, Sunda dan Jawa ini akan dipimpin oleh Ida Resi Agung Putra Natha Siliwangi Manuaba (Ida Resi Siliwangi), seorang pandhita yang asli putra Sunda.

Kepada semua umat Hindu di Nusantara, pun juga kepada semua para penganut dharma dari etnis Sunda, Jawa, dan lainnya; kami mohon doa restu semoga dengan pelaksanaan upacara agung Ngenteg Linggih semoga Pura Angkasa Amertha Dharma Jati dapat menjadi salah satu cara membuka kembalinya ajaran Dharma di Tatar Sunda.



Demikian informasi ini disampaikan dengan harapan banyak umat Hindu berkenan ikut serta secara langsung prosesi upacara Ngenteg Linggih.

Om Santih Santih Santih Om       

Humas

 

Agus Widodo


Hindu Family

Satyam, Siwam, Sundharam

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama